Pengembangan organisasi mempunyai ciri-ciri di antaranya adalah seperti berikut :
1. Bahwa pengembangan organisasi merupakan suatu usaha yang dilakukan secara berencana. Hal ini berarti pengembangan organisasi meliputi penetapan tujuan, perencanaan, pengendalian dan pengambilan tindakan.
2. Pengembangan organisai mencerminkan suatu proses yang berlangsung secara terus-menerus setiap kali timbul perkembangan keadaan yang membutuhkan.
3. Pengembangan organisasi berorientasi kepada masalah atau persoalan organisasi yang harus dipecahkan. Dengan kata lain pengembangan organisasi merupakan usaha pemecahan persoalan atau masalah yang timbul dalam organisasi.
4. Pengembangan organisasi merupakan kegiatan yang menerapkan asa-asas dan praktek perilaku.
5. Pengembangan organisasi merupakan usaha kea rah penyempurnaan organisasi.
6. Pengembangan organisasi merupakan tanggapan terhadap berbagai perubahan yang terjadi di luar organisasi.
7. Pengembangan organisasi merupakan usaha untuk menyesuaikan dengan hal-hal yang baru.
8. Pengembangan organisasi merupakan usaha penyempurnaan yang dilakukan oleh pimpinan organisasi, atau melalui bantuan para ahli atau spesialis, atau ahli pengembangan organisasi (ahli OD).
9. Pengembangan organisasimerupakan fungsi administrasi atau fungsi administrator, atau manajer yang mempunyai kedudukan tertinggi.
10. Pengembangan organisasi merupakan teknik manajemen yang di pergunakan untuk menghadapi masalah atau persoalan tertentu.
11. Pengembangan organisasi merupakan bagian integral daripada fungsi organizing, yang merupakan salah satu fungsi organic administrasi dan manajemen.
12. Pengembangan organisasi, di samping berorientasi persoalan, juga berorientasi kemajuan. Hal ini berati tekanan yang di utamakan oleh pengembangan organisasi adalah kemajuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar