PERILAKU KONSUMEN
Konsumen adalah orang yang memakai suatu barang atau jasa untuk kepentingan pribadi maupun orang lain. Jadi bisa diartikan bahwa perilaku konsumen adalah proses pemakaian suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Pengertian perilaku konsumen menurut Wikipedia adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
Perilaku konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang.
A. Pendekatan Perilaku Konsumen.
Pendekatan untuk mempelajari tingkah laku konsumen ada 2 :
1. Pendekatan Margina Utility ( Cardinal ), beranggapan bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satuan, misalnya : Uang.
2. Pendekatan Idifference Curve ( Ordinal ) yang beranggapan bahwa kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satu satuan. Tingkat kepuasan konsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah.
Dalam pendekatan Marginal Utility digunakan anggapan sebagai berikut :
1. Utility bisa diukur dengan uang.
2. Hukum Gossen ( The Law Of Diminishing Return ) berlaku yang menyatakan bahwa : semakin banyak sesuatu barang dikonsumsi, maka tambahan kepuasan yang diperoleh dari sertiap satuan tambahan yang dikomsumsikan akan menurun.
3. konsumen berusaha memaksimumkan kepuasan
Total Utility adalah seluruh kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumah barang tertentu. Marginal Utility adalah tambahan atau pengurangan kepuasan sebagai akibat dan pertambahan atau pengurangan satu unit barang tertentu.
A. Pendekatan Perilaku Konsumen.
Pendekatan untuk mempelajari tingkah laku konsumen ada 2 :
1. Pendekatan Margina Utility ( Cardinal ), beranggapan bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satuan, misalnya : Uang.
2. Pendekatan Idifference Curve ( Ordinal ) yang beranggapan bahwa kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satu satuan. Tingkat kepuasan konsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah.
Dalam pendekatan Marginal Utility digunakan anggapan sebagai berikut :
1. Utility bisa diukur dengan uang.
2. Hukum Gossen ( The Law Of Diminishing Return ) berlaku yang menyatakan bahwa : semakin banyak sesuatu barang dikonsumsi, maka tambahan kepuasan yang diperoleh dari sertiap satuan tambahan yang dikomsumsikan akan menurun.
3. konsumen berusaha memaksimumkan kepuasan
Total Utility adalah seluruh kepuasan yang diperoleh dari mengkonsumsi sejumah barang tertentu. Marginal Utility adalah tambahan atau pengurangan kepuasan sebagai akibat dan pertambahan atau pengurangan satu unit barang tertentu.
Ada beberapa faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen, yaitu:
- Pengaruh lingkungan, terdiri dari budaya, kelas sosial, keluarga dan situasi.
- Perbedaan dan pengaruh individu, terdiri dari motivasi, pengetahuan, kepribadian, gaya hidup, demografi.
- Proses psikologis, terdiri dari pengolahan informasi, pembelajaran, perubahan sikap dan perilaku.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar